• Disclaimer
  • Hak Jawab dan Koreksi Berita
  • Iklan
  • Karir
  • Kode Etik
  • Media Partner
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Tentang Kami
Jendela Informasi Digital
No Result
View All Result
  • Daerah
    • PERISTIWA
  • Advertorial
  • Pemerintahan
  • PARLEMEN
  • Politik
  • Kabar TNI-Polri
    • HUKUM & KRIMINAL
  • BENGKULU
    • MUKOMUKO
    • LEBONG
    • KAUR
    • BENGKULU SELATAN
    • KEPAHIANG
  • Ekbis
  • Opini
  • SPORT
    • LIFESTYLE
    • KESEHATAN
  • Nasional
  • Daerah
    • PERISTIWA
  • Advertorial
  • Pemerintahan
  • PARLEMEN
  • Politik
  • Kabar TNI-Polri
    • HUKUM & KRIMINAL
  • BENGKULU
    • MUKOMUKO
    • LEBONG
    • KAUR
    • BENGKULU SELATAN
    • KEPAHIANG
  • Ekbis
  • Opini
  • SPORT
    • LIFESTYLE
    • KESEHATAN
  • Nasional
Jendela Informasi Digital

Analisis Stategi Promosi dan Kepuasan Nasabah Terhadap Peningkatan Pembiayaan

Aksara24 by Aksara24
28/03/2023
in Opini
250 2
0
Miska Fitriyani (Foto Pribadi)

Miska Fitriyani (Foto Pribadi)

PostTweetShareScan

Oleh: Miska Fitriyani

Strategi Pemasaran

Dari pelayanan terhadap nasabah juga merupkan faktor penting untuk strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung, pelayanan dengan nasabah dilakukan dengan cara kekeluargaan guna menjadikan nasabah tersebut nyaman untuk terus bertransaksi dan tetap menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung. Dengan pelayanan yang ramah, pelayanan yang dilakukan dengan cara pendekatan secara personal. Strategi pelayanan tersebut termasuk bagian dari strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung.

Produk Pembiayaan

Produk Pembiayaan Konsumtif

BacaJuga

Opini : Kriminalisasi Pers, Ketika Kritik ‘Dipenjara’ dengan Pasal Pidana

Mengatasi Perubahan Garis Pantai Melalui Mitigasi Terhadap Abrasi Pantai di Wilayah Pesisir Kabupaten Tanjab Timur

Flag Off Mudik Gratis BUMN 2025: Kementerian BUMN Lepas Puluhan Ribu Peserta Mudik ke 200 Kota Tujuan

“Tanggung Jawab Moral sebagai Sesama Manusia”

Sinergi Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua di Tengah Perkembangan Zaman

Menuju Pembangunan Pariwisata Jambi yang Berkelanjutan

Produk pembiayaan konsumtif merupakan produk pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli barang-barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dengan penyerahan jenis agunan tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank.

a. Pembiayaan Pemilikan Bermotor (PPR)

Pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli rumah tinggal, ruko/rukan, apartemen, kavling siap bangun, renovasi rumah dan pembangunan rumah.

b. Pembiayaan Pemilikan Kendaraan Bermotor (PKB)

Fasilitas yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan membeli kendaraan bermotor baru maupun bekas.

c.Pembiayaan Serba Guna (PSG)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan memperoleh manfaat/jasa maupun benda/barang.

d. Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada karyawan/pegawai tetap untuk tujuan memperoleh manfaat/jasa maupun benda/barang dimana perusahaan induk telah menjalin kerjasama dengan pihak bank.

e. Pembiayaan Koperasi Karyawan (PKK)

Fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada koperasi baik secara channeling maupun executing untuk disalurkan kembali kepada anggota tetap koperasi. Pembiayaan Kepada Koperasi Karyawan adalah penyaluran pembiayaan melalui Koperasi karyawan yang selanjutnya disalurkan kepada End User yaitu anggota Koperasi karyawan yang bertujuan untuk membiayai keperluan konsumtif, dengan skim Mudharabah Mutlaqah (Executing) maupun Mudharabah Muqayadah (Chanelling).

f. Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah

Pembiayaan dimana bank syariah Indonesia memberikan pembiayaan dengan prinsip Qardah kepada nasabah melalui penyerahan agunan berupa emas.

g. Pembiyaan Kepemilikan Emas (PKE)

Produk ini bertujuan untuk memfasilitasi calon nasabah yang berkeinginan untuk memiliki emas dengan objek agunan emas yan dibelinya sesuai dengan kreteria yang ditetapkan oleh Bank.

h. Pembiayaan Bangunan Emas Pembiayaan bangunan emas adalah pembiayaan yang diberikan kepada nasabah untuk tujuan konsmtif dengan jaminan atau agunan berupa emas/perhiasan yang telah dimiliki oleh nasabah

Produk Pembiayaan Produktif

a. Pembiayaan Investasi

Pembiayaan jangka menengah atau jangka panjang untuk pembelian barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk pendirian proyek baru, modernisasi, ekspansi, atau relokasi proyek yang sudah ada.

a) Pembiayaan Modal Kerja
Pembiayaan Modal Kerja adalah fasilitas pembiyaan kepada calon nasabah perorangan atau nasabah perusahaan untuk membiayai aktiva lancar atau untuk membiayai modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia UIN Raden Intan Lampung
a. Sebanyak 31% responden setuju akan pelayanan yang sangat ramah yang di dapat pihak Bank Syariah Indonesia UIN RIL, 3% responden menjawab cukup setuju, 66% responden menjawab sangat setuju, 0% responden menjawab tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini bisa di simpulkan bahwa nasabah yang bertransaksi dengan Bank Syariah UIN RIL sebagian besar sangat setuju akan pelayanan yang diberikan oleh petugas bank yang sangat ramah sehingga keinginan untuk terus melakukan transaksi dengan pihak Bank Syariah UIN RIL, dan tidak ada hasil yang menunjukan bahwa nasabah tidak puas akan pelayanan yang di berikan oleh pihak bank.

b. Sebanyak 28% responden menjawab setuju akan sigap dan cepatnya pelayanan yang diberikan oleh pihak bank, 59% responden menjawab cukup setuju, 10% responden menjawab sangat setuju, tetapi ada juga sebagian responden menjawab tidak setuju akan hal itu sebanyak 4% dan 0% responden yang menjawab tidak setuju akan hal tersebut.

c. Sebanyak 35% responden menjawab setuju, 40% responden menjawab cukup setuju, 25% responden menjawab sangat setuju akan penampilan pihak bank yang selalu rapih setiap harinya dan tidak ada responden yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju akan hal tersebut. Dalam hal ini bisa di simpulkan bahwa nasabah nyaman akan penampilan yang fresh dari pihak bank sendiri dan enak dipandang.

d. Sebanyak 39% responden menjawab setuju akan pelayanan yang sangat ramah dan menggunakan prinsip 3S (Senyum, Salam, Sapa) yang didapat dari pihak Bank Syariah UIN RIL, 9% responden menjawab cukup setuju, 53% responden menjawab sangat setuju, 0% responden menjawan tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa nasabah yang bertransaksi dengan Bank Syariah UIN RIL sebagian besar sangat setuju akan pelayanan yang diberikan oleh petugas bank sangat ramah sehingga keinginan untuk terus melakukan transaksi dengan pihak Bank Syariah UIN RIL, dan tidak ada hasil yang menunjukan bahwa nasabah tidak puas akan pelayanan yang diberikan oleh pihak bank.

e. Mengenai reputasi dari Bank Syariah UIN RIL menjadi sebagian nasabah akan merekomendasikan kepada kerabat, tetangga dan lain sebagainya, sebanyak 35% responden menjawab setuju dengan akan merekomendasikan Bank Syariah UIN RIL kepada orang lain, 36% responden menjawab cukup setuju, 20% responden menjawab sangat setuju, 9% responden menjawab tidak setuju dan 0% responden menjawab sangat tidak setuju. Dalam hal ini sebagian besar responden cukup setuju akan melakukan rekomendasi kepada orang disekitarnya dan sebagian lagi setuju akan hal tersebut.

Kesimpulan

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah UIN RIL ternyata ada peningkatan yang cukup signifikan yakni produk-produk pembiayaan yang ditawarkan kepada pihak nasabah seperti produk pembiayaan konsumtif. Selanjutnya mengenai produk pembiayaan produktif juga yang berkaitan dengan pembiayaan modal usaha dan investasi sudah banyak diminati oleh pihak nasabah. Seterusnya, penulis menyimpulkan hasil penelitian tentang pelayanan yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah UIN RIL terhadap para nasabahnya ternyata hasilnya cukup memuaskan yang berkaitan dengan keramahan, ketetapan dan kecepatan terutama yang menarik dan berbeda dengan bank-bank konvensional yakni senyum, salam dan sapa.

Penulis adalah Mahasisiwi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Previous Post

Wagub Sani: ‘Ramadhan Ceria’ Ajang Gali Potensi Anak Muda Jambi

Next Post

Danrem 042/Gapu Terima Peserta SSDN Program Dikreg Angkatan LXV Lemhanas 2023

Next Post
Danrem 042/Gapu saat menyampaikan sambutan (Dok. Penrem 042/Gapu - Hatta)

Danrem 042/Gapu Terima Peserta SSDN Program Dikreg Angkatan LXV Lemhanas 2023

Gubernur Jambi, H Al Haris saat menyampaikan kata sambutan Istana Negara Jakarta, Selasa (28/3/2023). (Dok. Maria - Diskominfo)

Dinilai Peduli Terhadap Zakat, Jokowi Undang Gubernur Al Haris ke Istana Negara

Petugas Jasa Raharja, Meminta Keterangan Data Informasi Lokasi Rumah Korban Tabrak Lari Kepada Salah Satu Warga Batanghari, Senin (20/3/2023). (Dok. Jasa Raharja Jambi/Riska)

Jasa Raharja Salurkan Santunan Korban Tabrak Lari

Bupati Romi saat meyampaikan kata sambutan pada Safari Ramadhan di Masjid Nurul iman, Kecamatan Sadu Desa sungai lokan Senin (27/03/2023). (Dok. Aksara24.id/Firdaus)

Bupati dan Wabup Safari Ramadhan Perdana ke Sadu

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Jambi, Donny Koesprayitno bersama Kepala Bulog Kanwil Jambi, Defrizal di Perum Bulog Kantor Wilayah JambiKamis, (29/03/ 2023) (Dok. Riska - Jasa Raharja Jambi)

Jasa Raharja Komunikasikan Budaya Lunas Pajak dan Sumbangan Wajib Kendaraan Bermotor Milik Bulog Wilayah Jambi

Discussion about this post

STATISTIK

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Polsek sungai gelam saat melakukan razia balap liar di jalan baru (Foto: ist)

Polsek Sungai Gelam Razia Balap Liar Wilayah Jembatan Aro

07/04/2022

Bahaya Penyalahgunaan Pil Samcodin di Kalangan Remaja

11/01/2025

DPO Tersangka Kasus Pembunuhan Nenek dan Cucu di Karang Dapo Ditangkap di Rejang Lebong

06/01/2025
Foto ; Ilustrasi./Net

Heboh! Adanya Kabar Aungan Harimau di Paal 8 Sungai Gelam

06/04/2022

Polisi Buru Tersangka Pembunuhan di Desa Karang Dapo

20/12/2024
Kepala Desa Simpang Jeliat saat Terjaring Razia (foto; Juan)

Polda Jambi Akan Lakukan Proses Assessment ke BNNP Untuk Kades Simpang Jelita

19/12/2021
Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto. (Dok. Humas Polda Jambi)

Triwulan I Tahun 2023, Polda Jambi Selamatkan 404.410 Jiwa dari Penyalahgunaan Narkotika

08/04/2023

Polisi Kawal Massa, Redam Ketegangan di Kediaman Tersangka Kasus Pembunuhan Nenek dan Cucu

07/01/2025
Tim Opsnal Resmob Polda Jambi, Polresta Jambi dan Polres Muaro Jambi berhasil menangkap pelaku pembunuhan yang terjadi di Pasar Angso Duo (foto: Ist)

Sempat Lari ke Rimbo Antui Muaro Medak, Pelaku Pembunuhan di Angso Duo Diringkus

22/01/2022
Sejumlah Guru GTTS dan ASN SD Hilitobara Datangi Kejaksaan Negeri Nias Selatan (Dok.Ediusman)

Dinilai Lamban Proses Hukum, Sejumlah Guru GTTS dan ASN SD Hilitobara Datangi Kejari Nisel

19/02/2024
Foto : Ilustrasi/Net

Mencekam, Cerita Pelajar yang Selamat dari Geng Motor Beraksi Begal

0
Kapolresta Jambi, Eko Wahyudi (foto : Juan)

Beringas, Geng Motor Bacok Pelajar yang Hendak Membeli Nasi Uduk

0
Wagub Abdullah Sani Lantik Pejabat Pemprov (foto : Ist)

Wagub Abdullah Sani Lantik Pejabat Pemprov, Berikut Nama-namanya

0
Kapolsek Maro Sebo, Iptu T Zebua saat berada dilokadi kebakaran (foto: Juan)

Kebakaran Lahan Kosong di Jalan Lintas Jambi – Sabak Berhasil Dipadamkan

0
Pelaksanaan  Vaksinasi Massal  Polres Muaro Jambi  (foto: GA)

Percepat Capaian Herd Immunity, Polres Muaro Jambi Kembali Gelar Vaksinasi Massal

0
Sidang Parade Cata PK TNI AD Gelombang II TA 2021 (foto: Ist)

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI AD Gelombang II TA 2021

0

Kasrem 042/Gapu Berangkatkan 156 Pemuda Jambi Seleksi Secata PK TNI AD Tingkat Pusat

0
Polda Jambi Gelar vaksinasi Sampai Pelosok Desa (foto: Ist)

Gencar Laksanakan Vaksinasi Massal, Polda Jambi Sasar Masyarakat Sampai Pelosok Desa

0
Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIk saat menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla (Foto; Ist)

Kapolda Jambi Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla

0
Rapat paripurna dengan agenda pengambilan sumpah Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Provinsi Jambi sisa jabatan 2019-2024, Samsul Riduan  (foto:Ndi)

Samsul Riduan Resmi Jabat Anggota DPRD Provinsi Jambi Gantikan Zainul Arfan

0

Telkomsel di Lubuk Gedang Diduga Kembali Menunggak Pajak Desa

13/11/2025

Ketua SPPG Dapur Padang Petron kaur Selatan Terkesan bungkam Tidak transparan, Soal Anggaran Dana gizi di pertanyakan.

12/11/2025

Sosialisasi Pencegahan Kenakalan Remaja di Lubuk Pinang: Upaya Mewujudkan Generasi Muda Berkualitas

12/11/2025

Mukomuko Berupaya Tingkatkan Infrastruktur, Dinas PUPR Audensi dengan Pemprov Bengkulu

12/11/2025

Persiapan HUT ke-22 Lebong Dimulai, Pemkab Gelar Rapat Teknis dengan Berbagai Pihak

12/11/2025

Bupati Mukomuko dan Pimpinan SPBU Jamin Stok BBM Aman, Masyarakat Diminta Tenang

12/11/2025

Kejati Bengkulu Kembali Geledah Rumah Tersangka Korupsi Tol Bengkulu-Taba Penanjung

12/11/2025

Insan Pers Bersama Ketua Kaperwil Sumbar dan PPWI Bengkulu Jalin Silaturahmi dengan Perkumpulan Keluarga Perantau Bungus (PKPB) Cengkareng, Jakarta Barat

12/11/2025

Wali Kota Blitar Tegaskan Komitmen Pemerintah Wujudkan Pendidikan Gratis Lewat Sekolah Rakyat

12/11/2025

Polsek Kampung Melayu Laksanakan Panen Raya Jagung Serentak Kuartal III Tahun 2025

11/11/2025

Disclaimer | Hak Jawab dan Koreksi Berita | Kode Etik | Pedoman Media Siber | Redaksi | SOP Perlindungan Wartawan

KANTOR PUSAT :
Jl. Kebun Indah RT. 044, RW 009 Kel. Sukarami, Kec. Selebar, Kota Bengkulu.

KANTOR PERWAKILAN JAMBI:
Jl. Tidore N0 48 RT 24 Kel. Kebun Handil Kec. Jelutung Kota Jambi

Email : aksara24.id@gmail.com
Phone / WA : 0811-748-2424

No Result
View All Result
  • Daerah
    • PERISTIWA
  • Advertorial
  • Pemerintahan
  • PARLEMEN
  • Politik
  • Kabar TNI-Polri
    • HUKUM & KRIMINAL
  • BENGKULU
    • MUKOMUKO
    • LEBONG
    • KAUR
    • BENGKULU SELATAN
    • KEPAHIANG
  • Ekbis
  • Opini
  • SPORT
    • LIFESTYLE
    • KESEHATAN
  • Nasional

JL. Apli RT 37 Kel. Paal Merah Kec. Paal Merah Kota Jambi Kode Pos 36139 Email : aksara24.id@gmail.com Phone / WA : 0811-748-2424|©2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In