Aksara24.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menekankan kepada jajaran Kementerian PANRB untuk meningkatkan pelayanan. Seluruh pegawai diminta untuk selalu bersikap ramah kepada seluruh stakeholder, walaupun harus ada ketegasan dalam penerapan kebijakan.
“Kantor ini punya peran penting yang luar biasa. Untuk itu kita tingkatkan layanan. Mari kita bekerja dengan tegas tapi dengan senyum,” ujar Menteri Anas saat memimpin apel pagi di Kementerian PANRB dikutip pada laman resmi menopan.go.id Selasa (20/09/22).
Menteri Anas mengingatkan kembali bahwa reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan merupakan agenda pembangunan nasional 2024. Kementerian PANRB memiliki peran strategis dalam memimpin perubahan besar dan mendasar dalam tata kelola pemerintahan.
“Saya meyakini bahwa kualitas tata kelola birokrasi ini memilliki dampak positif terhadap keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Indonesia,” tuturnya.
Dalam melaksanakan kebijakan tersebut, Kementerian PANRB tidak dapat berjalan sendiri. “Kita semua perlu mendorong ownership kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah agar reformasi birokrasi bisa berjalan baik,” tegasnya.
Menteri Anas meminta ada komunikasi baik yang terjalin dengan seluruh stakeholder. “Kebijakan ini harus dikelola dengan komunikasi yang baik, terutama jika teman-teman turun di lapangan,” ujarnya.
Mantan Bupati Banyuwangi ini menekankan pentingnya strategi komunikasi dalam kebijakan. Ia minta untuk memperbaiki cara berkomunikasi dengan stakeholder. “Sesuatu yang bagus, kalau tidak dibarengi komunikasi yang baik belum tentu bisa berjalan dengan baik. Harapan saya, cara komunikasi diperbaiki,” jelasnya.
Terakhir, ia berharap seluruh pegawai dapat menjaga kredibilitas Kementerian PANRB. Selain itu ia juga berpesan seluruh pegawai meningkatkan kapasitas individu. (HUMAS MENPANRB)
Discussion about this post