Jambi, Aksara24.id – Wali Kota Jambi, dr. Maulana, menyambut hangat kunjungan delegasi dari Kedutaan Besar Kanada di Gudhas Village, Jalan Adam Malik, Kota Jambi, Rabu malam (30/4/2025).
Delegasi tersebut terdiri dari Mr. Bharat Khanna (Executive Advisor for Technology & Partnerships GHD), Mr. Don Holland (Market Leader for Water GHD), Mr. Phil Baker (Senior Executive Advisor GHD), Mr. Wilson Pearce (Senior Director for Trade Strategy & Operations, Canadian Commercial Corporation), serta Mr. Francis Despatis (Second Secretary [Commercial] and Trade Commissioner, Embassy of Canada).
Dalam sambutannya, Maulana mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jambi bersama Perumdam Tirta Mayang menyambut baik kunjungan tersebut, yang bertujuan untuk mempresentasikan studi kelayakan proyek pengelolaan air berbasis teknologi cerdas.
“Program ini bertujuan mengurangi kebocoran air dan meningkatkan sistem pencatatan meter berbasis digital, yang telah berhasil diimplementasikan di beberapa negara. Kami tentu tertarik, namun perlu mempertimbangkan nilai investasi dan manfaatnya,” ujar Maulana.
Menurutnya, sebagai langkah awal, pihak GHD akan menginisiasi proyek percontohan (pilot project) yang memungkinkan pengembangan kerja sama di sektor lain ke depannya.
Sementara itu, Mr. Wilson Pearce menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian pertemuan yang sukses dengan PDAM Tirta Mayang dan Wali Kota Jambi.
“Kami memperkenalkan proyek pengukuran air cerdas dan sistem digitalisasi yang dikembangkan bersama perusahaan Kanada seperti GHD. Studi kelayakan selanjutnya akan menentukan pendekatan terbaik untuk implementasi sistem ini di Kota Jambi,” jelas Wilson.
Direktur Utama PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Dwike Riantara, mengungkapkan bahwa Kota Jambi menjadi salah satu kota yang terpilih untuk eksplorasi sistem Smart Water Management (SWM).
“Kami membutuhkan peningkatan akurasi dan kecepatan pembacaan meter, serta pengiriman data secara real time ke pusat data. Ini akan mengurangi kebocoran, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan,” tutur Dwike. (*)
Discussion about this post